Friday 25 September 2015

Peluang Dan Cara Budidaya Selada

Selada merupakan sayuran yang memiliki bentuk sangat menarik sehingga bisa meningkatkan selera makan. Karena itulah daun selada sudah banyak dimanfaatkan sebagai tamabahan masakan seperti, tahu campur, burger, gad – gado dan masih banyak lainnya. Selada memiliki beberapa warna seperti merah dan hijau jenisnya pun ada selda air dan juga selada keriting.

Peluang Usaha  Membudiayakan  Selada

Apabila anda mempunyai lahan dan juga kebun disekitar rumah maka menanam selada bisa jadi salah satu alternative untuk mengisi kekosongan lahan tersebut. Namun apabila anda tertarik membudidayakannya agar bisa menghasilkan keuntungan maka itu bukanlah ide yang buruk karena permintaan akan selada semakin hari semakin meningkat. Namun untuk menanam selada sendiri tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Ada hal hal penting yang perlu diketahui supaya selda bisa tumbuh dengan baik sehingga memperoleh keuntungan maksimal. Pada intinya jika anda tertarik menanam selada anda haruslah memeprlajari cara budidaya selada dengan baik, berikut beberapa cara untuk membudidayaan selada.

Peluang Dan  Cara Budidaya Selada

Pemilihan Lahan yang cocok

Untuk membudidayakan selada langkah awal yang perlu diketahui ialah bagaimana memilih tempat budiaya yang cocok agar selada bisa tumbuh dengan baik. Biasanya pertumbuhan selada akan baik bila ditanam pada daerah yang memiliki suhu rendah sekitar 15 – 25oC. dan keadaan tanah yang paling cocok ialah tanah berjenis lempung berpasir atau bisa juga lempung berdebu dan pastinya tanah tersebut memiliki kadar unsure hara yang cukup tiggi. Namun apabila alahan yang anda miliki kekurangan unsur hara anda tidak perlu khawatir dikarenakan selada dapat tumbuh dengan baik apabila anda rajin memupuk dan menyiram selada seara teratur.

Pengolahan lahan

Untuk pengolahan lahan bisa dilakukan dengan membajak tanah supaya tanah bisa gembur kemudian setelah tanah di bajak maka anda diahurskan untuk membuat bedengan yang berfungsi untuk menanam selada. Apabila tanah yang anda miliki mempunyai kadar asam yang cukup tinggi  sebaiknya dilakukan pengapuran sebelum dilakukan penanaman karena jika selada ditanam pada lahan yang asam bisa membuat daun selada menjadi menguning. Untuk ukuran bedenga sendiri bisa dibuat dengan tinggi 30cm dan lebar 100cm, dan untuk jarak antar bedengan sekiar 30cm. selain dilakukan pengapuran lahan juga dapat dipupuk karena bisa meningkatkan kesuburan tanah. Dan untuk persiapan lahan akan leih baik jika dilakukan satu bulan sebelum penanaman.

Cara Menanam Selada

Untuk menanam selada bisa dimualai dengan penyemaian terlebih dahulu karena bibit selada yang ditanam biasanya berupa biji. Penyemaian dilakukan agar tanaman selada dapat dengan mudah dikontrol sehingga biji bisa tumbuh dengan baik untuk menjadi kecambah. Untuk proses penyemaian bisa dilakukan pada lahan penyemaian yang subur. Apabila sudah dilakukan penyemaian kurang lebih empat minggu atau sudah terlihat helai daun pada bibit maka selanjutnya bibit bisa dipisahkan kelahan yang telah disiapkan.

Cara penanaman dan juga pemindahan bibit dari tempat penyemaian ke lahan penanaman bisa dilakuan cukup mudah mula - mula pada bedengan dibuat lubang tanam dan jarak antar lubang sekitar 25 x 25 cm. Kemudian bibit ditanam dan ditimbun kedalam tanah. Untuk pemupukan kedua bisa dilakuakan setelah dua minggu penanaman pupuk yang bisa digunakan berupa pupuk urea karena akan tetap menjaga kesuburan tanah, selan dari pemupukan pengaiaran dengan teratur harus selalu dilakukan dan juga jangan lupa untuk melakukan penyemprotan agar hama bisa terkendali.

Semoga bermanfaat. Terimakasih

0 comments:

Post a Comment