Sunday 13 September 2015

Cara Reproduksi Ikan Cupang Dan Pemilihan Ikan Cupang Berkualitas

Ikan cupang bereproduksi dengan cara bertelur, kemudian telur yang dihasilkan anak menempel pada substrat  lain seperti akar tanaman, atau serabut rapia.

Tips memilih ikan cupang berkualitas tinggi

Yang pertama ialah memilih ikan dengan serit yang tebal dan juga ekor yang lebar, tujuan memilih serit yang tebal ialah karena ikan yang mempunyai serit tipis biasanya mudah terserang penyakit dan mengakibatkan seritnya keriting.
Pilihlah ikan yang memiliki bentuk ekor 180O dikarenakan ikan yang memiliki bentuk ekor seperti itu ekornya akan memanjang selain itu pilihlah ekor yang lebar supaya ketika besar tidak ada celah antara badan dan ekor..
Pilihlah ekor serit yang berbentuk sama dan juga rapi.
Untuk letak badan dan juga ekor ikan haruslah ditengah karena akan terlihat seimbang.
Selanjutnya pilihlah ikan yang memiliki badan besar tapi bukan memanjang jika badan memanjang maka ketika ikan besar antara ekor dan sirip akan terdapat celah yang berakibat kurang indahnya ikan.
Usahakan dalam memilih ikan cupang pangkal ekor ikan harus tebal, karena jika tipis ketika perkembangan ikan ekor tidak akan bertambah besar.
Pilihlah ikan yang terlihat sering bermain ditengah dan juga didasar air, itu disebabkan karena ikan yang berenang diatas permukaan air mempunyai kemungkinan jika mempunyai ekor lebar serit ikan akan patah.
Jika ikan sering bermain dipermukaan air cara yang bisa dilakukan untuk menanggulanginya ialah dengan menutup akuarium setengah jadi yang akan terlihat hanya akuarium tengah kebawah.
Apabila memilih ikan dengan warna kombinasi sebaiknya pilihlah warna yang serasi.
Begitu juga dengan memilih ikan berwarna dasar jangan sampai ada warna lain pada bagian tubuh ikan kalau bisa diusahakan warna dasinya juga sama dengan warna dari ikannya,  kebanykan ikan berwarna dasar memiliki dasi berwarna merah.
Dan terakhir jangan sampai memilih ikan yang memiliki serit dan juga sirip transparan

Cara  Reproduksi Ikan Cupang Dan Pemilihan Ikan Cupang Berkualitas

Langkah yang harus diketahui dalam memilih indukan dan pemijahan

Pertama pilihlah indukan yang baik serta jantannya terlihat sangat indah  dan agresif.
Kedua Pisahkan ikan jantan dan juga betina dan kemudian beri makan yang cukup untuk waktu kira kira 4 - 5 hari
Ketiga masukan indukan jantan dan juga  betina dalam satu wadah untuk pemijahan seperti ember, baskom, aquarium dan juga toples yang telah diisi air kemudian tambahkan enceng gondok atau bisa juga serbut rapia sedalam 25 cm.
Setelah hari ke 2 dan ke 3 maka akan terlihat telur  sudah menempel pada rapia atau juga enceng gondok.
Selanjunya indukan betina diangkat dan juga dipindahkan serta diberi makan secukupnya.
Untuk anakan ikan selama 2 – 3 hari belum dikasih makanan karena masih ada persediaan kuning telur pada tubuhnya.
Selama 2 – 3 hari setelah itu anakan ikan diberi makan infosuria dan untuk 3 hari kemudian diberi makan kutu air selanjutnya 10 hari kemudian diberi kutu air yang sudah tidak disaring.

Demiknian ulasan sedikit cara  reproduksi ikan cupang dan pemilihan ikan cupang berkualitas, semoga bermanfaat


0 comments:

Post a Comment