Saturday 19 September 2015

Pemilihan Kandang Dan Tempat Penangkaran Yang Baik Untuk Beternak Murai Batu

Seiring meningkatnya peminat burung murai batu maka akan semakin sedikit pula populasinya dialam karena penangkapan terus menerus, oleh karena itu sekarang sudah banyak penghobi burung kicauan beternak muarai batu selain untuk hobi tapi juga bisa  sebagai ladang bisnis yang sangat menggiurkan, karena murai batu saat ini adalah primadona untuk peminat burung kicauan. Dalam beterernak murai batu dapat dibilang gampang gampang susah tetapi ketika anda ingin beternak burung ini maka anda harus memiliki keuletan, ketelitian, keterampilan dan juga kesabaran yang tinggi. Agar berhasil dalam beternak murai batu  anda harus memperhaitakan beberpa aspek antara lain :

1. Tempat Penangkaran

Pemilihan Kandang Dan Tempat Penangkaran Yang Baik Untuk Beternak Murai Batu

Untuk beternak murai batu tempat yang baik ialah :

1. Pemilihan lokasi untuk kandang haruslah tenang dan juga nyaman dan tidak boleh untuk memilih tempat yang dekat dengan keramian seperti kendaraan bermotor, bengkel, pabrik dan lokasi yang ideal juga harus aman dari predator dan pencuri.
2. Untuk penempatan lokasi kandang disarankan untuk disekitar rumah baik itu disamping depan atau juga dibelakang rumah. Serta anda juga bisa menyewa tempat pembuatan kandang murai batu.
3. Dan utnuk tempat penangkaran diusahakan agar tidak terganggu dengan burung lain karena bisa membuat muari batu marah dan malas untuk berproduksi.

2. Kandang Penangkaran


Dalam mendesain kandang anda bisa membuat sesuai keinginan anda sendiri namuan ada beberapahal yang harus diperhatikan untuk pembuatan kandang dalam beternak burung murai batu ini.

1. langkah awal yang harus anda lakukan ialah membentuk kandang sesuai dengan lokasi yang telah anda siapkan tetapi ukuran minimal harus P 90 L 90 T 180, dan juga bisa disesuaikan keinginan anda.
2. Kandang yang baik ialah kandang yang memiliki dasar tanah tetapi bisa juga diganti dengan campuaran pasir dan sedikit kapur, dimana kapur ini memiliki fungsi sebagai pengontrol keasaman kotoran dan juga menjaga kelembapan agar tidak menimbulkan penyakit.
3. Kandang juga harus dibatsi baik dengan triplek, tembok dan pembatas lainnya supaya suhu yang terdapat dikandang bisa terjaga dan juga terhindar dari predator seperti tikus.
4. Untuk beternak murai kandang harus diberikan ruang terbuka agar bisa terkena sinar matahari dan di tutup dengan strimin, karena sinar matahari sangatlah baik dalam menjaga kesehatan burung.
5. Diusahakan kandang bisa terlindung dari hembusan angina secara langsung bisa dengan menambahkan pohon, dikarenakan ini bisa menjaga kenyamanan burung agar tidak mudah kaget.
6. Kualitas kandang yang baik ialah denagan memberikan sirkulasi untuk minum burung , selain dari itu jika ada aliran air dikandang burung akan semakin nyaman karena merasa sesuai dengan habitatnya dialam
7. Sediakn sarang didalam kandang burung untuk bertelur. Sebaiknya tidak hanya menyediakan satu jenis sarang saja bisa 2 atau 3 jenis, ini bertujuan agar burung bisa memilih sarang yang cocok untuk bertelur.
8. Agar suhu bisa terjaga ketika musim hujan sebaiknya sediakan lampu berukuran 5 – 10 watt dan berfungsi untuk penerangan pada malam hari.

Semoga Bermanfaat. Terimakasih


0 comments:

Post a Comment