Wednesday 23 September 2015

Peluang Usaha Dan Cara Budidaya Kangkung Air

Salah satu jenis sayuran yang paling diidolakan masyarakat Indonesia ialah sayuran kangkung ditambah lagi sekarang sudah banyak rumah makan yang telah menyediaakan olahan dari sayur kangung dan bisa dibilang cukup lezat, oleh karena itu kebutuhan akan kangkung semakin meningkat.

Jika  anda tertarik tidak ada salahnya apabila anda mencoba usaha budidaya sayuran ini karena hasil dari sayuran ini selain bisa digunakan untuk keluarga juga dapat digunakan sebagai tamabahan pemasukan untuk anda. Dan untuk memulai budidaya kangkung tergolong mudah dan yang perlu anda lakukan ialah langsun mempraktekannya berikut merupakan cara budidaya kangkung yang dapat anda coba.

Peluang Usaha Dan Cara Budidaya Kangkung Air

Syarat Kangkung Air bisa tumbuh

Apabila anda memulai usaha budidaya kangkung air akan lebih baik lagi jika anda telah mengetahui syat tumuh sayuran ini. Sebenarnya tanaman kangkung dibedakan menjadi dua jenis yaitu kangkung air dan juga kangkung darat, kangkung air biasanya ditanam pada daerah rawa atau juga sawah sedangkan kangkung darat ditanam didarat.

Beriku adalah syarat tumbuhnya kangkung air :

Jenis kangkung air dapat tumbuh di berbagai musim baik itu musim panas dan juga musim hujan. Tetapi yang harus diperhatikan ialah pasokan air pada tanaman ini harus selalu ada. Dan tamanan ini juga bisa ditanam diwilayah dataran tinggi maupn dataran rendah.
Tanaman kangkung sangatlah membutuhkan sinar matahari. Dikarenakan apabila kangkung kekurangan sinar matahari pertumbuhan kangkung akan terhambat dan kankng akan menjadi kurus.
Tanaman kangkung sangat membutuhkan lahan yang memiliki kandungan zat organic tinggi. Oleh karena itu dalam menyiapkan lahan harus dilakukan dengan pemupukan dan juga pembajakan.
Tanakan kangkung air membutuhkan tanah datar karena berfungsi untuk menahan air supaya bertahan lama.
Pertumbuhan kangkung akan maksimal apabila terhindar dari rumput liar dan juga hama seperti ulat.

Menanam Kangkung Air

Dalam membudidayakan kangkung air sangatlah dibutuhkan ketelatenan ketika melaukan penanaman. Jika anda tertarik untuk budidaya kankung air sebaiknya anda harus mengetahui teknik dan tahapan dalam penanaman kangkung air dimulai dari persiapan lahan, pembibitan, penanaman, perawatan dan penyiraman, sarta pemupukan dan juga pemanenan. Apabila anda sudah bisa melakukannya maka dipastikan anda bisa memperoleh hasil maksimal.

Penyiapan Lahan

Dalam persiapan lahan untuk budidaya kangkung tidaklah sulit dikarenakan hanya ada tiga hala yang perlu anda ketahui.

Pertama sebelum penanaman sebaiknya lahan disiram sekitar tiga minggu sebelumnya. Selanjutnya lahan bisa dibajak dan juga dicangkul agar subur supaya bisa ditanami.
Untuk pencampuran pupuk kandang kedalam lahan tanam sebaiknya dilakukan sekitar 2 minggu sebelum masa tanam dengan perbandingan sekitar 10 ton perhektar, kemudian lahan digenangi dengan air hingga ketinggian 5cm agar lahan tidak kekeringan.
Selanjutnya membuat bedengan dengan ukuran sekitar 2 x 1 m dan kedalaman 30cm.

Pembibitan

Dalam pembibitan kangkung air yang dilakukan ialah dengam menggunakan teknik setek bantang. Dan untuk pembelian bibit bisa dilakukan ditoko yang menyediakan bibit tanaman lengkap. Dan untuk pemilihan bibit pilihlah bibit yang memiliki tinggi sekitar 20 -30 cm.

Penanaman

Penanaman bisa dilakukan pada saat sore hari dikarenakan bibit kangkung dapat tumbuh baik pada malam hari, dan untuk proses penanamannya bisa dilakukan dengan beberapa cara :

Stek kangkung yang masih muda ditanam pada setiap petak lahan dengan jarak 1,5x1,5cm..
Anda harus memastikan kondisi tanah dalam keadaan baik. Dimana tanah sudah anda beri pupuk sebelumnya.

Penyiraman dan Pemupukan

Ketika penyiraman dan pemupukan ketika kondisi cuaca sudah kering anda bisa melakukan penyiraman 2x sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Dan dalam melakukan pemupukan bisa menggunakan pupuk urea, pemupukan bisa dilakukan dua minggu setelah penanaman. Selain itu anda juga diharuskan untuk menjaga tanaman agar terhindar dari hama.

Pemanenan

Untuk pemanenan kangkung dapat diakukan setelah satu seetengah minggu setelah dilakukan penanaman. Yaitu ketika batang sudah besar dan ukuran daun panjang, itu menandakan bahwa kangkung air sudah siap dipanen ketika dilakukan pemanenan sisikan kangkung setinggi 2cm yang betujuan agar kangkung bertunas kembali.

Semoga bermanfaat. Terimakasih

0 comments:

Post a Comment