Friday 11 September 2015

Cara Pemeliharaan Cacing Sutra dan pemanenan cacing sutra

Cara Pemeliharaan Cacing Sutra

Pertama ialah menyiapkan lahan ujicoba yang terbuat dari kolam tanah maupun terpal dengn ukuran 8 x 1,5 m dan kedalaman 30cm.
Pada dasar kolam uji coba diisi dengan sedikit lumpur tapi gunakn lumpur yang benar benar terhindar dari bahan kimia.
Apabila matahari terik sebaiknya jemur kolam walaupun Cuma satu hari, ketika menjemur kolam, kolam juga bisa dibersihkan dari rumput maupun hama yang memiliki potensi mengganggu cacing sutra.
Pipa pengeluaran air dicek debitnya dan juga harus dipastikan berfungsi baik. Pipa ini biasanya terbuat dari paralon yang memiliki diameter 2 inci dan panjang 15cm.
Ketika selesai pengeringan usahakan dasar kolam terbebas dari bebatuan serta benda keras lain, dan untuk lebih baik lagi kontruksi dasar kolam itu datar.
Bagian dasar kolam diisi dengan menggunakan lumpur halus dan berasal dari kolam karena memiliki bahan oraganik tinggi dan juga memiliki ketebalan mencapi 10 cm
Tanah yang sudah disiapkan kemudian diratakan dan dipastikan tidak ada lumpur keras.
Cara memastikan kedataran bisa menggunakan aliran air apabila kondisi sudah rata makan kedalaman air akan sama.
Kemudian masukan kotoran ayam yang sudah kering kurang lebih tiga karung untuk ukuran kemasan pakan ikan dan selanjutnya  diratakan.
Ketika sudah datar selanjutnya  isi kolam dengan air hingga kedalaman 5 cm disuaikan dengan panjang pipa pembuangan.
Bagian atas kolam di tambahkan atap untuk peneduh supaya tidak tumbuh lumut 
Kolam yang sudah terisi air kemudian dibiarkan selama satu minggu supaya gas yang ada menghilang, bisa dilihat dengan ciri media yang dibuat sudah tidak mengeluarkan bau.
Selanjutnya tambahkan kira kira 0,5 liter cacing sutra dengan cara memisahkan cacing terlebih dahulu di baskom
dan cacing yang telah terurai kemudian di tebar keseluruh bagian kolam secara merata
Dan terakhir atuer aliran dengan menggunakan pipa paralon 2/3inci

Cara Pemeliharaan Cacing Sutra dan pemanenan cacing sutra

Pakan Cacing Sutra

Makanan cacing sutra ialah bahan organic dan yang telah tercampur dengan sedimen pada dasar perairan, dan cara makan cacing ini ialah dengan menelan secara bersamaan bahan oragik dan juga sedimen dikarenakan cacing sutra ini memiliki mekanisme dalam pemisahan makanan dan sedimen di dalam tubuh mereka. Jadi kita juga harus menyediakan makanan.

Panen Cacing Sutera

Pemanenan cacing sutra dapat dilakukan ketika budidaya sudah berlangsung beberapa minggu dan setelah itu cacing bisa dipanen dua minggu sekali, untuk cara pemanenanya sendiri menggunakan alat yaitu serok halus .ketka cacing masih berada didalam lumpur kemudian dimasukan ke dalam bak yang telah disi air kira kira 1cm diatas media kemudian ember ditutup dan dibiarkan maka cacing sutra akan naik ke permukaan.

demikian ulasan tentang Cara Pemeliharaan Cacing Sutra dan pemanenan cacing sutra, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment