Thursday 17 September 2015

Cara Ternak Ayam Arab Petelur

Ayam arab bisa memproduksi jumlah telur sekitar 80 -90 % namun mereka kurang suka dalam mengerami telur telur merekan. Selain itu untuk beternak ayam ini masih memiliki keunggulan lain seperti pakan yang effisien karena Cuma membutuhkan 80gr/hari untuk satu ekor jika dibandingkan dengan ayam leghorn itu dapat mencapai 110gr/ekor dalam satu hari. Ayam arab ini memiliki daya seksual yang tinggi seperti dalam waktu 15 menit saja mereka bisa kawin kurang lebih 3 kali. Agar bisa memperoleh produksi yang maksimal untuk beternak ayam arab ini maka harus diperlukan perawatan yang optimal. Seperti tersedianya kandang, tersedianya pakan yang teratur serta pengendalian terhadap penyakit. Selain itu untuk mendapatkan hasil maksimal anda juga harus bisa mengelola dan memanajemen produksi usaha anda.

Cara Ternak Ayam Arab Petelur

Kandang Ayam Arab Petelur

Untuk pembuatan kandang ayam arab bisa disesuaikan dengan umur, serta populasi dan juga tujuannya dikembangbiakan, sehingga anda bisa menentukan jenis kandang yang cocok untuk ayam anda, contoh kandang seperti : Box indukan, atau postal pembesaran dan juga bateray kandang produksi telur . Untuk memasukan DOC atau Day old chiken ke dalam Box yang perlu diperhatikan ialah : suhu ruang sekitang 35oC, untuk mendapatkan suhu ini diperlukan lampu dengan daya 40watt dengan box indukan yang memiliki ukuran 100 x 100 x 60cm biasanya ini diisi dengan 60 ekor hingga 7 hari. Dan DOC 40 ekor ayam pemeliharaan 14 hari membutuhkan pemanas lampu sebesar 25 watt, untuk 20 ekor hingga umur 23 hari pemanas 15 watt. Kemudian 20 ekor / m2 hingga berumur 30 hari dengan memakai listrik berkapasita 5 watt  di malam hari saja. Untuk kandang liter  sendiri digunakan ketika ayam sudah berumur 31 hingga 2 bulan memiliki ukuran 4 x 4 x 2,5 m. kandang ini mampu menampung sekitar 200 ekor ayam atau antara 5 – 7 ekor /m2 dan ketika ayam mulai dewasa kepadatannya akan menjadi 4ekor /m2. Dan untuk ayam petelor digunakan kandang baterai yaitu kandang dengan ukuran 25x35x28x35cm satu kandang hanya disediakan untuk satu ekor ayam

Pakan  Ayam Arab Petelur

untuk pemberian pakan sendiri anda harus memperhatikan kualias dan juga jumlahnya. Apabila dalam perhitungan kurang tepat maka ada kemungkinan anda akan merugi karena peternak  harus bisa menekan biaya untuk pakan serendah mungkin tetapi juga harus memperhatikan kualitas agar tetap terjaga.
Dalam pemberian vitamin serta premik maka anda harus memberikannya sesuai dengan kebutuhan ayam seperti kebutuhan untuk ayam petelor konsumsi sekitar 70gr/ekor/hari dan untuk kebutuhan ayam petelor tetas membuthkan 80gr/ekor/hari agar bisa mendapatkan telur yang lebih besar. Untuk bahan pakan bisa terbuat dari bekatul, dan juga konsentrat, untuk pemberian vitamin serta premik disesuaikan dengan kebutuhan.

Pengendalian Penyakit Ayam Arab Petelur

Ayam arab memiliki ketahan tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam ras dan juga ayam buras namun bukan berarti ayam ini tidak bhsa sakit, ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang ayam ini seperti teleo, dan pesau sampar. Penyakit ini diakibatkan oleh virus yang mematikan namun sampai sekarang belum ditemukan cara mengobatinya. Untuk pengendalian penyakit bisa dilakukan dengan melakukan vaksinasi teratur dan juga menjaga kebersihan kandang dengan menggunakan desinfektan.

Pengelolaan Reproduksi Ayam Arab Petelur

Untuk pengolahan reproduksi masalah utama ialah pada bagian produksi telor. Baik itu telor untuk tetas dan juga telor untuk konsumsi. Apabila telor untuk tetas maka perbandingan untuk jantan dan betina ialah 1: 8  ketika umur mereka sudah mencapai 5 bulan ayam arab akan bia bertelor dan untuk puncak masa produksi yaitu pada umur 8 bulan rata rata bisa mencapai produksi 80 -90 %  apabila mengharapkan 80% DOC yang diperoleh untuk cara mengawinkannya sebainya dikawinkan pada pukul 17.00 .

Semoga bermanfaat. Trimakasih

0 comments:

Post a Comment