Sunday 20 September 2015

Peluang Usaha Budidaya Bawang Merah

Bawang merah atau dengan bahasa latin bernama Allium ascalonicum L ialah salah satu jenis tanaman ubi ubian yang dibutuhkan masyarkat sebagai salah satu bumbu masak, peluang usaga budidaya bawang merah merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan serta menjadi salah satu komuditas pertanian yang mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi hal ini bisa terlihat dari harga bawang merah yang stabil di pasaran bahkan ada saat tertentu yang bisa membuat harga bawang merah menjadi lebih mahal seperti pada bulan Ramadhan.

Karena hal itu maka bawang merah dijaikan salah satu komuditi pertanian yang memungkinkan untuk digunkan sebagai sumber penghasilan. Dan sentra jomuditi bawang merah bayak terdapat di wilayah indramayu, Cirebon,kuningan, dan majalengka. Harga bawang merah hingga kini bisa mencapai 26.500/kg. Dari keterangan di atas memungkinkan bahwa usaha budidaya bawang merah dapat menjdai salah satu  dari ide bisnis yang sangat baik apabila anda mempunyai lahan yang bisa dimanfaatkan sebagi media penanaman.

Peluang Usaha Budidaya Bawang Merah

Syarat untuk membudidayakan bawang merah

Bawang merah dapat tumbuh dengan baik apabila lahan yang digunakan  merupakan lahan yang terdiri atas tanah lempung berpasir , tanah latos atau tanah alluvial, selain itu seperti halnya tanaman lain ,sebaiknya jenis tanah yang digunakan untuk media tanam banyak mengandung zat organic dan juga unsur hara yang tinggi agar tanah subur.

1. PH tanah diusahakan pada kisaran 5,5 sampai 6,5
2. Suhu optimum 25oC sampai 32oC

Cara Membudidaya Bawang Merah

Pengolahan tanah

Pertama bersihkan lahan dari berbagai jenis gulma atau tumbuhan pengganggu dan selanjutnya buat bedengan dengan lebar 80 – 100cm, dan panjang bedengan sendiri disesuaikan dengan luas lahan, dan disetiap sisi bedengan diberi lobang sedalam 15 cm serta jarak antar bedengan ialah 45cm. dan sebelum bawang merah di tanam sebaiknya diberi pupuk oraganik terlebih dahulu.

Penanaman

Untuk penanaman pertama ialah menyiram lahan yang akan ditanami terlebih dahulu, kemudian membuat lubang yang disesuaikan dengan umbi bawang, jarak tanam antara bawang merh ialah 18 – 20 cm, lalu masukan umbi bawang didalam lubang dan ditutup supaya suhu tetap setabil dan kelembapan udara tetap terjaga.

Penyiraman

Penyiraman dilakukan ketika umur tanam berkisar antara 1 -10 hari di lakukan setiap pagi dan sore hari. Dan untuk yang sudah berumur 11 – 60 hari pennaman di lakukan sekali saja pada pagi atau juga sore hari.

Pemupukan

Agar hasil yang diperoleh optimal sangat dianjurkan agar memberikan pupuk pada tanaman. Seperti pupuk ZA dosis 350kg/Ha dan untuk pupuk ini di lakukan pemupukan sebanyak 3 kali yaitu pada hari ke 12,23 dan 35 dan untuk pupuk KCL dosis 100kg/Ha cukup dilakukan satu kali saja dan dilakuka pada hari ke 12 setelah panen.

Penyiangan

Penyiangan dilakukan agar bisa melindungi bawang merah dari tanaman penggangu karena dapat menghambat bawangmerah untuk tumbuh, dilakuakn setiap satu minggu satu kali atau juga disesuaikan dengan kebutuhan.

Pemanenan

Untuk pemanenan bawang merah bisa dilakukan ketika hari ke 50 -90 pasca panen serta bisa juga ketika 60 – 90 % tanaman telah rubuh, dan prospek untuk hasil lumayan besar sekitar 13ton/Ha/Tahun.

Semoga bermanfaat. terimakasih

0 comments:

Post a Comment