Monday 14 September 2015

Jenis Jenis Pakan Ikan Cupang

Salah satu usaha modal kecil ialah budidaya ikan cupang ikan cupang sendiri merupakan salah satu ikan hias yang telah terkenal dimasyarakat terutama kalangan anak anak. Karena ikan cupang merupakan mahluk hidup maka ikan cupang juga membutuhkan makanan, terdapat berbagai jenis makanan untuk ikan cupang serta cara mendapatkannya pun terbilang mudah baik itu yang dibuat sendiri maupun yang alami. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang paling digemari ikan cupang.

Cacing darah

Cacing darah ialah salah satu jenis pakan ikan yag paling aman terutama untuk ikan cupang yang sudah dewasa, itu disebabkan karena lemak yang terkandung dalam cacing darah rendah sehingga tidak menggangu untutuk organ reproduksi, untuk penjualannya biasanya cacing darah didaptkan dalam bentuk beku dan juga masih segar.

Jenis Jenis Pakan  Ikan Cupang

Cacing sutra

Cacig sutra merupakan pakan ikan cupang yang paling popular karena sangat mudah di dapatkan, banyak sekali penjual cacing sutra ini biasanya di jual di toko – toko ikan hias dan juga pedagang umpan, harga untuk cacing ini relative lebih murah apabila diandingkan dengan cacing darah. Kandungan lemak cacing sutra cukup tinggi sehingga kurang cocok untuk ikan cupang dewasa.


Jentik Nyamuk

Selanjutnya ialah jentik nyamuk jentik nyamuk sendiri biasanya di temukan pada air yang tergenang, dan apabila anda ingin memghemat biaya pakan untuk usaha ikan cupang maka salah satu solusinya ialah dengan menggunakan jentik nyamuk.


Kutu Air

Kutu air adalah pakan ikan cupang yang bisa anda dapatkan di toko toko pedagang makanan ikan hias. Dan untuk contoh dari kutu air seperti daphnia dan juga monia dan apabila anda ingin mengkulturnya anda bisa memulai dengan menambahkan air yang ada dhapnianya pada tangki yang ada anakan ikannya selanjutnya dhapnia akan memakan kotoran microscopic.


Artemia

Artemia sendiri merupakan embrio teur yang diawetkan, artemia ialah jenis udang primitive , burayak ikan cupang sangat menyukai akan pakan alami ini dan suhu optimum untuk pertumbuhan artemia ini ialah 25 -30o celcius.

Vinegar Eel

Ini merupakan salah satu jenis pakan yang sangat cocok untuk ikan cupang bentuk mereka sangatlah kecil sehingga sangat ccok untuk makanan pertama.


Infusoria

Infusoria merupakan pakan untuk ikan cupang yang sempurna, pakan ini sangatlah baik untuk ikan cupang yang baru menetas , infusoria merupakan jasad renik serta ganggang renik dan cara pembuatannya bisa dengan menyiapkan sayuran busuk yang dimasukan kedalam air. Dan tunggu beberapa hari maka infusoria sudah terbentuk dengan jumah yang sangat banyak.


Paramecium

Paramecium adalah jenis pakan yang mudah didapatkan, paramecium sendiri merupakan jenis protozoa kompleks dan merupakan pakan pengganti ketika ikan menetas cara engulturannya sendiri ialah dengan wadah kecil yang terisi air lalu diisi dengan sedikit Liquifry. Kemudian wadah dibawa keluar agar mendaptkan cahaya matahari dan cara pemanenannya ialah dengan menuangkan air kultus ke dalam wadah ikan cupang.

Itulah Jenis Jenis Pakan  Ikan Cupang yang kami ulas, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment