Tuesday 22 September 2015

Budidaya Bayam Cabut

Budidaya bayam cabut merupakan peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan dikarenakan sayuran jenis ini merupakan sayuran yang sangat popular di masyarakat.  Karena sangat popular sehingga pemiat sayuran ini akan semakin tinggi dan membuat hasil panen sangat mudah untuk dipasarkan. Oleh karena itu peluang usaha budidaya bayam sangatlah menjanjikan. Maka dari itu apabila anda ingin memulai usaha budidaya bayam anda bisa membaca artikel ini tentang bagaimana cara budidaya bayam yang baik.

Budidaya Bayam Cabut

Persiapan dan Pengolahan Lahan Bayam Cabut

Persiapan serta pengolahan lahan bisa dimulai dari mencangkul lahan agar tanah bisa gembur, kemudian dilanjutkan dengam membuat bedengan yang memiliki lebar sekitar 100cm atau anda juga bisa membuat lebih besar yaitu kira – kira sekitar 20 cm, anda juga jangan sampai lupa untuk membuat saluran air dengan lebar 30cm dan kedalaman 30cm, dan untuk selanjutnya supaya tanah menjadi subur bisa dengan member pupuk pada bedengan dan kemudian dibiarkan selama beberapa minggu.

Pembenihan Bayam cabut

Dalam melakukan pembenihan bayam cabut ataupun jenis bayam lain bisa dilakukan dengan menyiapkan lahan yang dikhususkan untuk pembenihan, dan agar lebih baik dalam pembenihan lahan yang digunakan sebaiknya sudah pernah digunakan untuk budidaya bayam yang memiliki jenis sama. Walaupun sebenarnya juga bisa menggunkan lahan yang pernah digunkan bayam jenis lain, tetapi lahan tersenut harus dibiarkan terlebih dahulu kurang lebih tiga bulan. Dan pemebenihan bayam sebaiknya dilakukan tidak berdekatan dengan tanaman bayam jenis lain. Atau bisa juga agar tanaman bayam tidak berbunga pada satu waktu.

Kemudian apabila tanaman bayam yang digunkan untuk pembenihan sudah berbunga dan bunganya sudah terlihat matang, maka proses selanjutnya ialah pemanenan, karena tandan pada bunga bayamlah yang selanjutnya akan dijadikan bibit bayam. Apabila tandan sudah dipanen selanjutnya jemur bayam selama 4 hari, dan agar kulitnya terlepas bisa dengan meremas remas, selanjutnya bibit dipisahkan dan simpan pada wadah kedap udara supaya bibit tidak basah sebelum dilakukan penanaman.

Teknik Menanam Bayam Cabut

Dalam menanam bayam cabut ada dua cara yang dapat dilakukan yang pertama ialah penanaman secara langsung yaitu dengan menebar bibit dibagian atas lahan yang telah disiapkan kemudian ditutup menggunakan tanah yang pitis, dan untuk penanaman secara tidak langsung yang harus dilakukan ialah menumbuhkan dahulu bibit bayam selanjutnya baru menanam kembali pada lahan yang telah disediakan.

Setelah dilakukan penanaman selanjunya ialah perawatan dengan bai agar panen yang diperoleh bisa maksimal, dan perawatan yang ahrus dilakukan ialah mengendalikan hama, yaitu ketika daun pada bayam sudah terlihat tumbuh, anda sebaiknya waspada pada serangan hama, dan cara menanggulanginya bisa dengan memebrikan semprotan hama ditanaman bayam. Dan untuk perawatan lainnya bisa dengan membersihkan lahan tanaman bayam dari gulma atau tanaman liar.

Pemanenan Bayam Cabut

Biasanya bayam cabut bisa dipanen apabila sudah memiliki tinggi kira kira 20cm dan agar bisa mencapai  ketinggian itu tanaman bayam cabut  membutuhkan waktu sekitar dua puluh lima hari, dan cara pemanenan ialah dengan mencabut bayam sampai akarnya terlepas dari tanah.

Semoga bermanfaat. Terimakasih

0 comments:

Post a Comment