Friday 11 September 2015

Cara Beternak Burung Kenari

Dewasa ini usaha peternakan burung kenari sangatlah menjanjikan karena makin banyaknya orang yang tertarik untuk memelihara burung ini, walaupun jenis burung ini sudah banyak yang telah mengembangkan, ternyata masih ada beberapa orang yang belum tau dengan jelas bagaimana cara mengembangkan burung kenari ini dengan baik dan benar oleh karena itu saya akan memberi sedikit tips untuk anda tetang bagaimana cara beternak burung kenari yang benar. Sebelum anda memulai usaha peternakan burung kenari sebaiknya nada memperhatikan beberapa faktor berikut :

Cara Beternak Burung Kenari


1. Usia burung kenari

Usia burung kenari pada usaha peternakan sangatlah berpengaruh agar bisa menghasilkan keturunan yang berkualitas. Dalam beternak kenari sebaiknya memilih indukan jantan yang  berusia sekitar 8 bulan dan untuk usia betina sekitar 6 bulan. Oleh karena itu anda sebisa mungkin mengetahui kapan burung kenari itu dapat dikawinkan agar dapat menghasilkan keturunan yang berkualitas.


2. Mengetahui jenis kelamin dari burung kenari

Dalam usaha peternakan burung kenari yang harus dipastikan adalah anda harus bisa mengetahui jenis kelamin burung kenari tersebut. Mungkin bagi para peternak yang sudah ahli sangatlah mudah dalam membedakan jenis kelamin namun apabila anda seorang pemula pasti akan sangat kesulitan jika anda akan membedakan jenis kelamin burung kenari tersebut secara langsung.


3. Kandang dan juga sangkar burung kenari.

Penempatan sangkar burung kenari yang baik ialah terletak didinding karena jika diletakan didinding akan memudahkan sangkar agar tidak bergoyang. Jauhkan sangkar dari tempat tempat yang ramai bertujuan agar kenari tidak terganggu ketika masih mengerami telurnya, selain itu sangkar juga harus dijauhkan dari daerah yang banyak serangga maupun semut agar menjaga telur supaya tetap aman.


4. Perjodohan kenari

Dalam proses perjodohan kenari memang sedikit rumit dan agak sulit, dikarenakan ketika anda menjodohkan kenari tidak semua kenari akan berhasil di jodohkan. Apabila anda telah merawat burung kenari sejak masih kecil hingga besar anakan ini akan sangat mudah dalam menjodohkannya, namun apabila anda membeli burung kenari secara acak atau sudah memiliki satu jenis kenari dirumah dan membeli lawan jenisnya dipasar dipastikan burung kenari tersebut tidak mungkin langsung berjodoh sehingga anda haruslah menjodoh kannya terlebih dahulu, dan cara penjodohannya ialah sebagai berikut   :

Pertama letakan kedua kenari jantan dan juga betina dalam sangkar berbeda namun berdekatan dan selanjutnya biarkan proses ini berlangsung beberapa hari hingga kenari betina mengelepar kan sayapnya dan juga mendekati kenari jantan lalu kenari jantan juga merespon kenari betina. Dengan melaukan proses tersebut anda pasti akan tau kapan burung kenari tersebut akan kawin  dan lakukan proses tersebut setiap hari hingga terlihat sang jantan apabila didekatkan dengan kenari betina akan langsung mengejar dan juga menabrak sangkar dengan kencang  dan kenari betina merespon dengan mengelepar ngeleparkan sayapnya yang menandakan bahwa kenari tersebut minta kawin. Biasanya ketika sore menjelang tidur burung kenari jantan dan betina akan saling berdekatan . jika sudah siap dikawinkan selanjutnya ialah menaruh sarang apabila burung kenari betina sudah mulai merapikan dan menyusun sarang itu menandakan bahwa kenari betina siap bertelur.


Demikian ulasan sedikit tentang cara beternak burung kenari dari saya, semoga bermanfaat



0 comments:

Post a Comment