Wednesday 30 September 2015

Peluang Dan Cara Budidaya Paprika

Paprika merupakan sayuran sejenis cabe, tetapi paprika tidak mempunyai rasa pedas. Untuk sekarang paprika masih dipandang sebagi makanan orang orang mengeah keatas. Dikarenakan penggunaan paprika sendiri masih sangat terbatas terutama pada masakan eropa. Seperti  spageti, pizza dan salad. Namuan dengan meningkatnya perkembangan dan popularitas makanana eropa di masayarakat Indonesia sehingga meningkatkan permintaan paprika.

Peluang Bisnis Paprika

Walaupun paprika masih kurang populer untuk digunakan dalam masakan dan sayuran Indonesia, tetapi peluang untk mengembangkan bisnis paprika masih sangat terbuka lebar. Selain dari harga jual yang cukup tinggi permintaan akan sayuran ini juga semakin hari semakin meningkat. Bisanya permintaan datang dari restroran maupun hotel mewah, peluang ini lah yang dapat dimanfaatkan untuk membudidayakan paprika agar dapat memasok kebutuhan paprika yang semakin hari semakin meningkat.

Peluang Dan Cara Budidaya Paprika

Lahan yang baik untuk Budidaya Paprika

Lahan yang paling baik untuk budidaya paprika ialah pada daerah dataran tinggi, dan mempunyai kelembapan udara yang cukup rendah. Dengan suhu dingin antra 15  -20OC. diketahui sangatlah baik untuk membudidayakan jenis tanaman sutropis ini. hal ini karena agar terhindar dari hama dan juga penyakit. Dikarenakan serangan hama maupun penyakit akan jauh meningkat apabila ditanam pada daerah dataran rendah. Lokasi yang paling pas adalah lokasi dengan ketinggian 750 mdpl.

Persiapan Lahan

Apabila telah menemukan lahan yang cocok selanjutnya ialah lahan digarap agar dapat ditanami. Apabila takut terkena hujan sebaiknya motode penanaman paprika dengan menggunakan green house dan juga system hydroponic agar meningkatkan hasil panen. Dengan mengunakan teknik ini bisa dibilang sangatlah efisien dikarenakan pohon paprika sangat sensitive. sehingga apabila batang maupun buah terkena air hujan bisa menjadi busuk. Dalam membuat green house dibutuhkan biyaya cukup besar pabila dibadingkan dengan mengolah lahan secara secara langsung. Namuan jika hasil yang diperoleh bisa maksimal maka akan meningkatkan keuntungan juga. Dan untuk memuat green house dengan bahan yang minim ialah dengan menggunakan plastic ultra violet. Dan media yang bisa digunakan untuk menanam ialah arang sekam.

Menanam Paprika pada Arang Sekam

Dalam menanam paprika bisa dibagi menjadi dua bagian. Pertama ialah dengan menumbuhkan bibit pada bagian biji sampai menjadi kecambah. Pertumbuhan bibit menjadi kecambah biasanya terjadi dalam waktu satu minggu , kemudian kecambah yang telah tumbuh dipindahkan kedalam polybag, hingga daun bibit paprika tumbuh. Dan dalam menumbuhkan daun biasanya membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Dan tahap selanjutnya ialah dengan memindahkan bibit paprika pada media tanam yang sebenarnya. Yaitu polybag berukuran besar sekitar 30 x 35 cm. dan yang perlu diperhatikan dalam melakukan cara tanam ialah anda harus sangat berhati hati apabila akan memindahkan bibit paprika agar bisa menjaga daun dan juga akar agar tidak rusak. Dan tahap selanjutnya ialah memelihara tanaman paprika dengan baik.

Proses Pemeliharaan

Dalam pemeliharaan paprika anda harus melakukan penyiraman dan juga pemberian pupuk dengan rutin. Biasanya pupuk yang dapat anda gunakan ialah pupuk cair . apabila tanaman sudah memiliki bunga sebaiknya anda menyeleksi dan bunga hingga menyisakan satu bunga yang menurut anda merupakan bunga terbaik. Setelah itu biarkan bunganya berubah menjadi buah apabila buah sudah terlihat agak tua maka buah paprika sudah siap dipanen.

Semoga bermanfaat. Terimakasih

0 comments:

Post a Comment