Tuesday 15 September 2015

Peluang Usaha Budidaya Sidat

Mungkin masih banyak orang yang tau tentang ikan sidat, ikan sidat sendiri adalah salah satu ikan dari komuditas perikanan yang paling di cari oleh masyarakat jepang.

Di jepang ikan sidat biasa disebut dengan unagi atau unadon. Dan bagi anda yang sering nonton kartun ikan ini digambarkan berbentuk raksasa, tapi fakta yang ada jepang tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan akan ikan sidat ini bagi negaranya sendiri jepang hanya mampu memproduksi sekitar 30% kebutuhan ikan sidat dan untuk 70% sisanya mereka datangkan dari Negara lain seperti Indonesia.
Peluang Usaha  Budidaya Sidat

Budidaya ikan sidat yang  menguntungkan

Untuk sekarang sudah banyak sekali pengusaha yang mencoba budidaya ikan sidat ini dengan cara budidaya di kolam terpal. Permintan akan ikan sidat yang tinggi membuat ikan ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi, karena harnya yang cukup tinggi ini memberikan sidat  sebagi salh satu usaha yang berprospek cerah untuk para pembudidaya di Indonesia karena untuk budidaya sidat ini bisa di lakukan pada kolam terpal dan air tawar seperti budidya ikan lele.

Jika anda ingin memulai usaha budidaya ikan sidat ini anda bisa memulai dengan membuat kolam terpal dengan menggunakan kolam terpal anda dapat menghemat dalam penggunaan lahan, ini memungkinkan bagi anda walaupun hanya mempunyai lahan sempit bisa menghasilkan hasil optimal untuk budidaya ikan sidat ini.

Ini merupakan spesifikasi minimal yang dapat anda terapkan untuk membuat kolam terpal untuk budidaya sidat.

Untuk ukuran kolam terpal sekitar 2 x 7 x 0.7
Kedalaman air sekitar 40cm
Gunakan mesin pompa air agar air bisa mengalir.
Tambahkan oksigen pada kolam dengan menggunakan pompa  udara 12 lubang.

Pakan untuk ikan sidat ialah :

Pellet berukuran 1ml yang memiliki kadar protein lebih dari 40% dengan  harga sekitar 18.000/kg.
Kepiting Hidup
Udang hidup
Cacing Tanah

Apabila anda menginginkan kualitas untuk ekspor keluar negeri seperti  jepang dan juga Taiwan, maka waktu yang dibutuhkan untuk budidaya sekitar 2 tahun. Tetapi untuk pasar Indonesia bisa dipanen jika sudah berumur  1 tahun dengan bobot sekitar 1,5 – 2kg.

Dengan harga yang tinggi maka tidak heran apabila perawatan untuk ikan sidat ini membutuhkan biaya yang cukup tinggi juga. Sedangkan untuk bibit ikan sidat sendiri  hingga saat ini masih belum ada teknologi yang dapat mengembangbiakan sehingga untuk bibit sidat harus menunggu dari alam, biasanya untuk bibit ikan sidat dapt diperoleh dari agen penjualan ikan sidat dengan harga berkisar antara 500 hingga 1000 rupiah untuk satu ekor atau sekitar 350.000 / kg dengan isi sekitar 30 hingga 40 ekor.

demikian Peluang Usaha  Budidaya Sidat, semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment