Tuesday 15 September 2015

Peluang Usaha Beternak Lovebird

Permintaan akan burung lovebird semakin banyak karena banyak orang yang tertarik untuk memelihara burung ini disebabkan oleh keindahan bulu serta kicauannya yang unik. Karena semakin tingginya permintaan akan burung ini sehigga banyak penjual burung menginpor burung dari luar negeri. Oleh karena itu beternak burung lovebird sangatlah menjajiakan dan juga menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. burung lovebird sendiri diyakini berasal dari Sembilan spesies genus Agapornis dalam bahasa yunani berarti agape yang memiliki arti cinta  dan ornis  yang membuat burung burung ini diberi nama lovebird karena mereka sering bersading berdua dan saling menyayangi.
Peluang Usaha Beternak Lovebird

1. Persiapkan Sangkar  Love Bird

Jika anda akan berternak burung lovebird persiapan paling awal ialah menyiapkan sangkar burung terlebih dahulu, sangkar burung yang disiapkan berukuran 50x50x50  dengan ukuran sangkar ini bisa ditempati untuk sepasang burung lovebird. Selain itu anda juga harus menyiapkan tempat untuk bertelur burung dengan ukuran 25 x 20 x 25 serta tenggeran.

2. Memilih Bibit (Memilih Jantan dan Betina Burung Love Bird)

untuk membedakan betina atau jantan dari burung ini tergolong susah karena dilihat dari fisiknya burung ini memimiliki fisik yang sama, oleh sebab itu perlu teknik khusus serta pengalaman dalam membedakan dua jenis kelamin dari burung ini dan juga jangan sampai tertipu oleh burung yang sudah kawin maksudnya karena burung lovebird yang kawin belum tentu jantan dan betina, bisa jadi betina semua atau juga jantan semua. Untuk menandai ciri cirinya ialah jika kurang lebih 2 minggu lovebird tersebut sudah kawin tetapi tidak bertelur maka lovebird itu jantan semua namun jika selama 2 minggu setelah  kawin lovebird tersebut bertlur 6 atau lebih maka memiliki kemungkinan besar bahwa burung tersebut betina semua. Untuk cara yang paling efektif dan sering dilakukan oleh orang luar negri ialah dengan menggunakan tes darah dimana.
Untuk kualitas lovebird yang bagus untuk indukan ialah lovebird yang telah memiliki usia lebih dari 10 bulan hingga 2,5 tahun. Itu karena jika lovebird berumur diatas 3 tahun akan kurang produktif.

Lovebird biasanya bertelur hingga 4 – 6 butir , dan masa pengeramannya sekitar 21 -23  hari, ketika menetas lovebird jantan dan juga lovebird betina secara bergantian menyuapi anak nyasampi anaknya mampu untuk makan sendiri. Dan untuk mengoptimalkan proses produksi sebaiknya peternak membawa anak lovebird dan juga menyuapinya sendiri, karena jika menggunakan metode ini nutrisi anakan lovebird bisa terjaga dan juga terkontrol dengan baik dan untuk indukannya bisa cepat berproduksi kembali.

Untuk gambaran singkat dalam usaha beternak lovebird bisa dilihat dengan sampel berikut ini: membeli 2 pasang lovebird pastel kuning untuk indukan seharga Rp, 7.000.000
Anggaran untuk  pemeliharaan 3bulan Rp 600.000 Perkiraan yang di peroleh setelah periode 3bulan lovebird indukan dapat  menetaskan masing-masing anakan dengan jumlah 3 ekor. Jadi untuk  2 pasang indukan membuahkan 6 ekor anak. Biyaya untuk pemeliharaan anakan lovebird dalam waktu 2 bln Rp 600.000 Setelah 2 bulan anakan  sanggup makan sendiri dan selanjutnya bisa dipasarkan, untuk Penjualan 6ekor pastel kuning @ Rupiah 900.000 Rupiah 5.400.000
Keuntungan = Rupiah 5.400.000- Rupiah 600.000 – Rupiah 600.000 = Rupiah 4.200.000.

Itulah ulasan sedikit tentang peluang usaha beternak lovebird, semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment