Thursday 17 September 2015

Peluang Usaha Ternak Ayam Kalkun

Ayam kalkun merupakan sepesies burung yang memiliki ukuran besar, kalkun betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil serta warna bulu yang berwarna - warni apabila dibandingkan dengan kalkun jantan.

Harga Jual serta harga Beli Ayam Kalkun

Untuk segi persaingan penjualan ayam kalkun cukup terlihat ketat terutama di daerah - daerah tertentu seperti jawa tengah namun untuk daerah lain di luar pulau jawa persaingan masih belum ketat, hal inilah yang membuat peluang usaha untuk beternak ayam kalkun masih terbuka lebar. Untuk harga jual biasanya dilihat dari umur ayam kalkun tersebut seperti DOC Rp 30.000/ekor umur 2 minggu Rp45.000 3minggu Rp 55, 000 umur 1 bulan Rp 65.000, umur 2 bulan Rp100.000 3 bulan Rp275,000/pasang umur 4 bulan Rp375 000/pasang umur 5 bulan Rp475,000/pasang umur 6 bulan Rp575,000/pasang dan untuk indukan bisa mencapai Rp 750.000 - 1000.000/pasang, dan untuk harga daging kalkun beku sendiri Rp. 45,000 – 50,000/kg

Peluang Usaha Ternak Ayam Kalkun

Untuk keriteria ayam kalkun yang siap dijual ialah mereka harus sehat dengan ditandai nafsu makan baik ,kotoran normal geraknya gesit serta berasal dari indukan yang unggul, untuk indukan yang unggul sendiri biasanya memiliki badan dan kaki yang besar serta tingkat produktifitas tinggi.

Membedakan ayam kalkun jantan dan juga  betina

Untuk membedakan jantan dan betina bisa dilihat dari ukuran tubuh serta jika ukuran tubuh lebih besar biasanya itu jantan selain itu juga bisa dilihat dari jambul yang terdapt pada atas kepala apabila memiliki jambul panjang itu menandakan bahwa ayam kalkun tersebut jantan.

Pemilihan Bibit

Untuk pemilihan bibit ayam sebaiknya harus dipilih secara langsung supaya anda bisa tahu kualitas dan kesehatan ayam yang akan anda pelihara.

Pemilihan Lokasi Peternakan

Lokasi yang baik untuk beternak ayam kalkun ialah lokasi yang menjamin akan pertumbuhan dan juga kesinambungan untuk bisnis ayam kalkun tersebut. Dan lokasi yang cukup ideal dalam beternak ayam kalkun ialah wilayah di sekitar pantai, danau,sungai serta persawahan pemilihan daerah ini bertujuan agar ayam kalkun mudah dalam mencari pakan tambahan.

Pembuatan kandang

Kandang merupakan rumah bagi ayam kalkun oleh karena itu kandang yang baik seharusnya bisa memberikan keamanan serta kenyamanan agar ayam bisa terlindungi, untuk menjaga ayam tidak stress yang bisa membuat ayam lari ke tempat lain sebaiknya buatlah kandang yang ideal dan khusus untuk ayam kalkun.

Makanan

Untuk pemberian pakan yang baik ialah disesuaikan dengan kondisi serta umur ayam dikarenakan untuk ayam kalkun dewasa dan juga anakan memiliki porsi serta menu yang berbeda karena disesuaikan dengan kemampuan lambung dalam menampung makanan dan juga kemampuan dalam mencerna makanan.

Semoga bermanfaat. Terimakasih

1 comments:

  1. ual azolla bandung - telp / what apps : 0896 3650 3911
    sedia bibit azolla pengiriman seluruh NKRI / tanaman paku air per paket per 1kg

    kegunaan azolla :
    - penghijau dan penjernih air kolam ikan, sawah, kolam terpal, kolam semen, taman air
    - pakan alternatif alami ikan gurame, nila, mujair, mas, koi, lele, hias, belut, patin dll
    - pakan alternatif unggas : ayam, bebek, entog, angsa, broiler, pelung, bangkok, buras/kampung dll
    - pakan alternatif / pengganti rumput utk sapi, kambing, kerbau, domba tanpa ngarit / kemarau
    - bahan baku pupuk hijau & kompos alami utk tanaman pekarangan, sawah, kebun, lahan gambut jadi sambil berkolam skalian punya stok pupuk sendiri..
    - sebagai alternatif pengurai air limbah / lahan kritis berair sperti : bekas galian c, air tpa sampah, penetral air kolam pemancingan, air selokan limbah industri rumahan tahu /tempe / makanan tradisional
    - penstabil keasaman air / PH dan kadar oksigen terutama kolam buatan : terpal, bak semen, toren cor tebar padat
    - kandungan dan kegunaan lain ny bisa cari di google

    ReplyDelete