Saturday 26 September 2015

Cara Budidaya Kemabang Kol

Salah satu jenis tanaman yang mudah dibudidayakan dan bisa menghasilkan keuntungan berlipat ganda ialah kembang kol, oleh karena itu saya akan memberikan tehnik dan cara bagaimana tatacara budidaya kembang kol.

Cara Budidaya Dan Pemilihan Benih Kemabng Kol

Untuk menanam kembang kol ada beberapa cara yang harus anda ketahui, yang pertama bisa dimulai dari pemilihan bibit hingga pemanenan. Apabila anda melakukan tahapan itu dengan baik maka kembang kol akan tumbuh dengan baik dan juga bisa menghasilkan keuntungan maksimal. Untuk penanaman kembang kol yang pertama dipersiapkan ialah pemilihan benih yang baik. Benih yang baik bisa dilihat dari bentuknya yang utuh dan tidak memiliki luka atau . Selain itu benih juga terhindar dari penyakit dan yang pasti benih yang baik ialah benih yang berasal dari bibit unggul.

Cara Budidaya Kemabang Kol

Cara Penanaman Kembang Kol

Untuk penanaman kembang kol yang pertama ialah benih disemai sebelum dilakukan penanaman dilahan tanam. Tanah yang digunkan untuk penyemaian sebaiknya terhindar dadri hama dan memiliki tekstur gembur agar mudah dalam proses penanaman. Sebelum dilakukan penanaman dibuat bedengan terleih dahulu bedengan bisa dibuat dengan kedalaman 30cm dan lebar 110 samapai 120 cm, sebaiknya bedengan memanjang dari utara keselatan. Untuk peraatan kemabang kol bisa dilakukan dengan penyiraman secara teratur. Penyiraman dilakukan pada pagi dan sore hari , untuk musim kemarau sebaiknya penyiraman dilakukan lebih banyak , untuk fase awal hingga pembentukan bunga penyiraman dilakukan dua kali sehari.

Cara Merawat Kembang Kol

Dalam proses perawatan bisa dilakukan dengan penyulaman apabila terdapat tanaman yang sudah mati  atau rusak. Untuk peyulaman bisa dilakuakan pada umur 1 – 2minggu setelah kembang kol ditanam. Dan pemeliharaan tanaman ini bisa dilakukna dengan penyiangan, untuk penyiangan serta penggemburan dapat dilakukan secara bersama. Sebaiknya ketika anda melakukan kegiatan ini anda harus berhati hati. Untuk penyiaangan sebaiknya jangan samapi terlalu dalam dikarenakan dapat merusak akar tanaman, apabila sudah mulai masuk tahap akhir penyaiangan bisa dihentikan.

Panen  Kembang Kol

Untuk setiap hektar lahan kembang kol dapat mengahasilkan sekitar 15 samapi 40 ton dalam satu kali panen. Pemanenan tanaman ini bisa dilakukan ketika umur 55 samapi 100 hari. Untuk pemotongan tangkai bisa dilakukan dengan memotong batang daun dengan panjang 25cm. Untuk memilih lokasi penanaman tanaman ini sebaiknya anda memilih lahan yang mempunyai sinar matahari yang baik, selain itu sumber air juga harus tersedia karena bisa memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

Cara Menangani Hama Dan Penyakit Kembang Kol

Banyak sekali hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman ini dan salah satu jenis hamanya ialah ulat serta kutu daun. Ulat sangat senang memakan daun sehingga daun dapat berlubang selain itu kutu daun juga dapat membuat daun berubah warna menjadi kuning. Dan cara pengendalian hama yang bisa dilakukan ialah dengan menyemprotkan pestisida agar menjaga tanaman ini tetap aman, penyemprotan dapat dilakukan selama satu minggu satu kali.

Semoga bermanfaat. Terimakasih

0 comments:

Post a Comment