Friday 11 September 2015

Peluang Usaha Beternak Tikus Putih


Untuk beternak tikus putih tidaklah susah karena tikus putih sendiri memiliki perkembangan yang sangat cepat, selain itu modal yang dibutuhkan juga kecil serta lahan yang dibutuhkan juga tidal begitu luas. Dalam satukali panen tikus putih dapat di pastikan bahwa modal bisa kembali dan selanjutnya anda hanya tinggal menerima untung. Permintan terhadap tikus putih sangatlah banyak namun sayangnya untuk peternak hewan ini masih tergolong sedikit dan belum diminati oleh banyak orang. Hal inilah yang membuat peluang sangat besar untuk para peternak tikus putih mendapatkan untung yang besar.

Peluang Usaha Beternak Tikus Putih

Pemasaran

Untuk pemasaran tikus putih sendiri masih memiliki peluang yang sangatlah besar karena laboratorium dan juga kalangan akademisi seperti farmasi dan kedokteran masih menggunakan tikus putih untuk pecobaannya. Selain untuk bahan percobaan tikus putih juga sudah diminati sebagai pakan reptile peliharaan, meningkatnya peminat hobi terhadap reptil membuat permintaan akan tikus putih semakin meningkat. Biasanya tikus putih digunakan sebagai pakan reptile misalnya ular, kura kura , burung pemakan daging dan masih banyak lain nya, olehkarena itu sekarang banyak petshop yang membutuhkan pasokan tikus putih untuk dagangannya. Untuk harga tikus putih sendiri, tikus ukuran dewasa biasa di jual dengan harga Rp7.500 dan tikus ukuran ibu jari kaki dijual dengan harag Rp.4000. Dan salah satu pasar yang paling menjanjikan ialah kebun binatang karena , mereka sangat membutuhkan tikus putih sebagai pakan hewan di kebun binatang tersebut. Kebun binatang sendiri lebih memilih tikus putih karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan daging lain. Dan pasar yang memiliki prospek sangat besar ialah penghobi reptile. Tepung dari daging tikus sendiri juga banyak di butuhkan untuk tambahan pakan ternak sebagai sumber protein.

Menu pakan

Untuk pakan tikus putih cukuplah sederhana seperti kacang, jagung dan juga pur ayam selain itu limbah dari remukan roti juga dapat digunakan untuk pakan. Sedangkan untuk tempat beternak tikus sangatlah sederhana seperti  box plastic berukuran 40cm X 30 cm X 18 cm. untuk penyusunan box ditata secara berjajar kemudian bagian atas di tutupi dengan kawat stimin agar tikus tidak keluar.Untuk 1 wadah dapat di isi dengan  4 indukan betina dan juga 1 indukan jantan, indukan yang telah siap untuk kawin biasanya berumur 2 bulan. Dan untuk kehamilan tikus akan terjadi sekitar tiga minggu setelah tikus di campur dan bayi lahir setelah tiga minggu , satu ekor indukan dapat melahirkan sekitar 6 - 12 ekor anakan . untuk produksi yang maksimal bisa di dapatkan dengan lingkungan yang mendukung serta pakan  berkualitas, suhu udara yang optimum ialah sekitar 27-28oC.

Risiko Usaha

Sebaik apapun peluang usaha bukan berarti  tidak ada resiko yang mengintai. Pertama anda harus benar benar memperhatikan kondisi kandang karena kandang yang kotor dapat menimbulkan penyakit seperti borok kulit dan juga jamur. Karena tikus yang akan dijual haruslah memiliki kondisi yang baik dan juga bebnar benar bersih apabila digunakan untuk penelitian dilaboratorium. Dan masalah lainnya yaitu bau yang kurang sedap akibat kotoran tikus namun itu bisa diatasi dengan menyusuhkan ransum yang telah dicampur dengan zeloit atau juga bisa dicampur dengan kunyit dengan dosis zeloit sekitar 5% dan kunyit  2,5%.

Demikian ulasan sedikit tentang peluang usaha beternak tikus putih, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment