Wednesday 15 July 2015

Cara Mudah Ternak Belut

salah satu binatang yang sangat licin bila ditangkap ini sangat di sukai manusia karena binatang ini mempunyai nilai protein yang sangat tinggi untuk di kosumsi, binatang ini adalah belut binatang yang hidup di air dan lumpur yang sangat susah dicari. tapi belut mempunyai peluang bisnis yang sangat besar karena harga belut lumayan mahal karena susah mencarinya hanya orang-orang yang ahli saja yang bisa menangkap binatang ini.


tetapi belut ini bisa kita ternak di air jernih yang bisa di ternak di rumah kita walaupun belut pada umumnya hidup di lumpur. keuntungan ternak belut di dalam air jernih adalah sebagai berikut :

1. hemat tempat
2. binatang ini sebenarnya kanibal di dalam lumpur tapi kalau di air jernih mereka saling melindungi satu sama lain
3. mudah dalam pemberian pakan

hal yang kita harus kita perhatikan dalam budidaya belut antara lain adalah :

1. kolam yang seteril harus bebas dari bahan kimia atu bahan lain yang mengandung racun hingga belut bisa mati atau bisa mengurangi perkembangan pertumbuhanya
2. suhu air dalam kolam harus setabil kurang lebih harus 25-28 drajat
3. Sebaiknya kolam diberi sirkulasi air agar pergantian air bisa di lakukan supaya dengan itu kualitas belut sangat bagus
4. memilih bibit belut yang sehat

dalam pemberian pakan lebih bagus sore hari karena belut beraktifitas mencari makan biasanya di malam hari, pakan yang dapat digunakan misalnya cacing tanah, bekicot, larva lalat atau belatung dll masih banyak lagi pakan untuk belut dan yang harus di perhatikan lagi adalah suplemen agar pertumbuhan belut bisa maksimal, bisanya belut yang sudah siap panen adalah umur kurang lebih 6 bulan tergantung penanganan ternaknya.

itulah sedikit kutipan cara ternak belut di dalam air jernih

semoga bermanfaat

6 comments:

  1. ini termasuk unik ya, kalo di lumpur kanibal kalo di air jernih saling melindungi. apa mungkin malu? :D

    ReplyDelete
  2. ia gan soalnya klo di ternak dan klo di alam liar beda kebiasaan

    ReplyDelete
  3. wahhh mantap makasih udh share gan infonya bermanfaat

    ReplyDelete