Wednesday 15 July 2015

Belajar Ternak Lele

sore menjelang malam saya lihat di pinggir jalan banyak sekali rumah makan sederhana dengan beratapkan terpal dan kain yang mengitari petak tanah tempat berjualan'y yang bertulisakan "pecel lele".para supir mobil dan penduduk lokal kebanyaka pada mampir di rumah makan pecel lele tersebut untuk istirahat dan makan pecel lele dengan sambal yang sangat enak makanya tidak heran peternak ikan lele sekarang sangat lah banyak karena untuk memenuhi kebutuhan para pedagang pecel lele di sepanjang jalan raya, Karena ikan jenis ini memiliki perawatan yang sangat mudah serta sangat menguntungkan. 

Banyak orang yang menyukai ikan ini karena memiliki nilai protein serta gizi yang snagat banyak. Tidak hanya itu saja ikan lele juga sangat baik untuk tumbuh kembangnya anak-anak. Banyak cara untuk melakukan ternak lele salah satunya dengan membuat kolam terpel. Teknik ini sangatlah mudah karena tidak memerlukan lahan yang besar. Dengan anda membuat lahan ternak lele dengan terpal pastinya hanya membutuhkan biaya yang tidak banyak.

ternak lele dengan terpal sangatlah efisien dan mudah tidak perlu kita membuat balong di tanah yang harus membutukan tanah yg luas dengan terpal kita bisa mengemat biaya ternak dan sangat praktis




Banyak sekali keuntungan ternak lele dengan kolam terpal salah satunya yaitu tidak terpengaruh oleh kondisi tanah, mudah untuk melakukan panen serta mudah untuk mengamati pertumbuhan ikan lele. Yang harus selalu anda perhatikan adalah jumlah bibit lele yang akan dikembang biakan. Walaupun ikan lele ini memiliki daya tahan yang kuat namun sebaiknya anda menernak ikan lele sesuai dengan luas kolam terpal anda. Ternak lele sendiri dibedakan menjadi dua yaitu ternak lele bibit maupun ternak lele konsumsi. Ternak lele bibit ini yaitu anda melakukan ternak untuk dijual lagi saat lele sudah berukuran 3-5 cm. Sedangkan ternak lele konsumsi yaitu anda melakukan ternak ikan lele untuk tujuan konsumsi.


ternak lele ini sangat berpotensi tapi bila ada yang ingin ternak lele pahami dulu cara beternak'y supaya tidak mengalami kerugian yang besar dan supaya anda bisa mendapatkan keuntungan dari ternak lele tersebut

semoga bermanfaat


5 comments:

  1. nice post gan.... artikelnya bermanfaat, bisa memberi peluang usaha... thanks udah mau share

    ReplyDelete
  2. mantap infonya gan, lele itu kalau di jual sangat mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia gan, soalnya skarang bnyak rumah makan pecel lele

      Delete