Friday 9 October 2015

Teknik Dan Cara Budidaya Bawang Bombay

Syarat Tumbuh Bawang Bombay

Ketika anda akan melakukan usaha budidaya bawang Bombay beberapa hal yang perlu dipikirkan terlebih dahulu anatalain ialah syarat tumbuh dari tanaman bawang Bombay tersebut. Untuk budidaya bawang Bombay temapat yang paling ideal adalah daerah dengan udara sejuk dan juga memiliki suhu antara 18 sampai 20oC. biasanya untuk suhu ini di Indonesia terletak pada daerah yang memiliki ketinggian 800 hingga 100 dpl. Selain dari suhu untuk menanam bawang Bombay sebaiknya menggunakan lahan yang cukup terbuka karena bisa menerima sinar matahari yang cukup supaya pertumbuhan bawang Bombay bisa optimal.

Teknik Dan Cara Budidaya Bawang Bombay

Untuk selanjutnya ialah mengenai masalah tanah yang dapat dijadikan sebagai media tanam. Untuk lahan yang baik dalam budidaya bawang Bombay ialah tanah dengan kadar humus yang tinggi dan juga memiliki tektstur gembur dikarenakan tanah ini bisa dibilang subur. Bawang Bombay tidak suka pada daerah yang terlalu banyak air namun tidak bisa hidup pada daerah yang terlalu kering.

Cara menanam Bawang Bombay

Selanjutnya ialah teknik dalam budidaya bawang bombay yaitu cara menanam nya.

•    Waktu tanam harus diperhatikan

Waktu yang sangat baik dalam menanam bawang bombay ialah ketika musim kemaru. Namun ketika musim kering sebaiknya juga diimbangi dengan penambahan air yang cukup. Dikarenakan ketika awal pertumbuhan bawang bombay membutuhkan air yang dapat mencukupi pertumuhannya.

•    Pembibitan bawang Bombay

Dalam pembibitan bawang bombay ada dua cara yang dapat diplih, yaitu dengan menanam biji atau juga dengan umbi. Pada umumnya masyarakat Indonesia lebih suka menanam dalam bentuk umbi. Dikarenakan pembibitannya yang mudah dicari.

•    Penyiapan tanah

Apabila menanam umbi ataupun biji diutamakan pada daerah yang memiliki tekstur lahan gembur dan juga sudah dibuat bedengan yang memiliki tinggi kira – kira 10 – 15cm. dan juga memiliki lebar 1m. selanjutnya apabila bedengan sudah siap dibuat peneduh agar dapat melindungi tempat persemaian. Kemudian pegolahan lahan yaitu penggemburan dan juga pembentukan bedengan dilakukan ketika 2 minggu sebelum dilakukan penanaman. Pemupukan dapat dilakukan ketika berumur satu minggu pratanam. Pupuk yang bsia digunakan ialah pupuk kompos. Dan untuk melakukan pemupukan susulan dapat dilakukan ketika dua hari sebelum penanaman.

•    Cara menanam

Dalam menanam bawang bombay lewat biji bisa diawali dengan proses penyemaian. Namaun apabila mengunakan umbi bisa dengan membuatkan lubang tanam. Sebelum dilakukan penanaman ujung umbi dipotong kemudian dikeringkan. Jarak tanam umbi yang ideal ialah 25 – 40 cm antara baris. Dan 10 – 40 cm anatara umbi didalam satu barisan.

Pemeliharaan Bawang Bombay

Pemeliharaan bawang bombay memiliki beberapa poin antara lain penyiraman, pemberantasan hama dan juga penyiangan.

Penyiraman sebaiknya dilakukan dengan teratur. Apabila pertumbuhan sudah mulai terlihat karena tanaman sangat membutuhkn air yang cukup banyak. Seiring dengan bertambahnya umur pengairan bisa dikurangi dikarenakan kebutuhan air juga mulai berkurang, penyiraman bisa dilakukan dengan mengalirkan air dari parit kebedengan. Penyiangan dapat dilakukan ketika umur tanam sudah menginjak tiga minggu. Dan penyiangan kedua bisa dilakukan enam minggu sesudahnya. Dalam melakukan penyiangan sebaiknya dilakukan dengan hati – hati agar tanaman tidak rusak. Dalam melakukan pengendalian penyakit bisa dilakukan dengan penyemprotan pestisida, biasanya dilakukan 7 hingga 10 hari sekali agar bisa mencegah penyakit.

Semoga bermanfaat. Terimakasih

2 comments: