Monday 31 August 2015

Macam – Macam Ternak Unggas


Peternakan atau Ternak adalah kegiatan mengembangbiakkan atau membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Kegiatan di bidang peternakan dapat dibagi atas dua golongan, yaitu peternakan hewan besar seperti sapi, kerbau, dan kuda, Sedangkan kelompok kedua yaitu peternakan hewan kecil seperti ayam, kelinci dll.

Ternak Unggas merupakan kelompok hewan yang bersayap, Beberapa jenis hwan unggas seperti, ayam, itik, bebek, angsa serta burung puyuh banyak diternakan oleh penduduk, baik dalam skala kecil dan sederhana. serta diperuntukkan bagi pemenuhan keperluan keluarga, maupun yang di upayakan secara frofesional dengan teknologi peternakan yang modern. Beberapa jenis komoditas peternakan unggulan antara lain :

Itik alabio yang berasal dari kalimantan selatan yang berkualitas baik.
Ayam rasbroiler, dipelihara sebagai ayam pedaging.
Ayam resleghorn, dipelihara sebagai ayam petelor.
Ayam BURAS ( bukan ras ) atau ayam kampung.

Di bawah ini akan dibahas salah satu ternak tentang Ternak Unggas Ayam Ras broiler:

Macam – Macam Ternak Unggas



Ayam Pedaging (Broiler) adalah ayam ras yang mampu tumbun cepat sehingga dapat menghasilkan daging dalam waktu relatif singkat (5-7 minggu). Broiler mempunyai peranan yang penting sebagai sumber protein hewani asal ternak.

1. Pemilihan Bibit
Bibit yang baik mempunyai ciri – ciri, sehat dan aktif bergerak, tubuh gemuk (bentuk tubuh bulat), bulu bersih dan kelihatan mengkilat, hidung bersih, mata tajam dan bersih serta lubang kotoran (anus) bersih.

2. Kondisi Teknis yang Ideal
A. Lokasi Kandang
Kandang ideal teletak di daerah yang jauh dari pemukiman penduduk, mudah dicapai sarana transportasi, terdapat sumber air, arahnya membujur dari timur ke barat.
B. Pergantian udara dalam kandang.
Ayam bernapas membutuhkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Supaya kebutuhan oksigen selalu terpenuhi, ventilasi kandang harus baik.
C. Suhu udara dalam kandang harus ideal dan kandang sesuai umur.
D. Kemudahan mendapatkan sarana produksi. Lokasi kandang sebaiknya dekat dengan poultry shop atau toko sarana peternakan.

3. Tata Laksana Pemeliharaan
A. Perkembangan
Tipe kandang Broiler ada dua, yaotu bentuk panggung dan tanpa panggung (litter). Tipe panggung lantai kandang lebih bersih karena kotoran langsung jatuh ke tanah, tidak memerlukan alas kandang sehingga pengelolaan lebih efisien, tetapi biaya pembuatan kandang lebih besar.
B. Pakan
Pakan merupakan 70% biaya pemeliharaan. Pakan yang diberikan harus memberikan zat pakan (nutrisi) yang dibutuhkan ayam, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
C. Vaksinasi
Pemasukan bibit penyakit yang dilemahkan ketubuh ayam untuk menimbulkan kekebalan alami.
D. Teknis Pemeliharaan
E. Penyakit.
F. Sanitasi / Cuci Hama Kandang. Sanitasi kandang harus dilakukan setelah panen
Demikian Artikel tentang Macam – Macam Ternak Unggas. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan atau bacaanya. Semoga bermanfaat. Trims


0 comments:

Post a Comment