Wednesday 26 August 2015

Macam – Macam Ternak Sapi

Ternak sapi kini menjadi bisnis yang cukup menggiurkan walaupun membutuhkan modal yang besar namun hasil nya pun sangat besar, dengan modal kecilpun bisa, asal dikerjakan secara kemitraan dan jiika berhasil akan menjadi peluang bisnis yang fantastis.
Salah satu pilihan bisnis ternak sapi yang cukup menguntungkan adalah bisnis penggemukan sapi pedaging. melihat potensi yang cukup menggiurkan dari bisnis penggemukan ini. memilih usaha sapi potong kita bisa masuk dalam bisnis.
Macam – Macam Ternak Sapi



1. Penyedia daging sapi segar ( toko daging ).
2. Jual beli sapi.
3. Membuat pupuk kompos dari kotoran sapi.
Bisnis penggemukan sapi sendiri banyak sekali jenisnya, namun, kebanyakan peternak memelihara jenis sapi limosin, metal, sapi bali, sapi lokal, sapi bogor, sapi impor, sapi qurban dll. Pilihan lain adalah ternak sapi perah, Sapi perah adalah sapi yang dapat menghasilkan susu dengan kuantitas yang besar mengingat susu merupakan produk yang selalu dibutuhkan orang. bisnis ini juga cukup menguntungkan tahap pertama dimulai dengan seleksi bibit sapi yang dipilih adalah jenis fries holand atau sapi FH pilih sapi yang berusia 3,5 tahun atau lebih serta sudah ber anak, kemudian pembuatan kandang haruus terletak paling tidak 10 meter dari pemukiman, bagian teras kandang harus mendapat sinar matahari yang cukup. Pemberian pakan tidak berbeda jauh dengan pakan ternak sapi jenis lain yaitu rumput – rumputan, kacang – kacangan dan pemberian konsetrat seperti dedak, jagung, kedelai, bungkil kelapa juga tak kalah penting pastikan cara pemeliharaan sapi dengan baik dan pemberian vaksin dan vitamin sehingga menghasilkan susu yang berkualitas. Setelah mengetahui jenis – jenis ternak sapi, langkah selanjutnya tentukan terlebih dahulu anda tertarik menjadi seseorang yang  benar – benar menyediakan sapi atau sapi daging yang berarti anda harus betul – betul merawatnya dibutuhkan waktu tidak singkat dalam pemeliharaan sapi, juga butuh ketekunan dan kesabaran agar mendapatkan hasil yang maksima;. Bisnis ternak sapi khusus sapi pedaging membutuhkan waktu yang tidak singkat tetapi jika telah berjalan dalam bisnis ini memang sangat menggiurkan 40% apalagi jika seluruh sapi diolah pilih lokasi yang tepat jangan sembarang tempat agar sapi tidak stress selain lokasi yang perlu diperhatikan adalah pekerja ternak harus mengerti cara mengurus atau merawat sapi yang benar. Perlu seleksi pekerja ternak yang sudah berpengalaman. Datangkan pembimbing yang meman ahli dalam bidang peternakan, banyak alternafif dalam pemilihan sapi. yang paling penting jangan takut  mencoba dan bertanya pada pihak yang memang sudah betul – betul berpengalaman. Jangan asal – asalan memilih.


semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment